Faktor Stabilitas Sendi yang Mengharuskan Penggantian Lutut Total

Salah satu faktor penyebab kerusakan lutut adalah rusaknya persendian. Operasi total knee replacement harus segera dilakukan apabila kerusakan yang dialami tergolong parah. Sendi yang tidak stabil bisa berakibat operasi penggantian lutut total. Berkaitan dengan hal itu, inilah faktor yang mempengaruhi stabilitas sendi, sehingga perlu operasi TKR.

  1. Cedera Lutut

Kestabilan sendi sangat diperlukan guna menstabilkan gerakan tubuh dalam beraktivitas. Pergerakan sendi yang normal bisa terjadi karena kondisinya prima dan stabil tanpa ada gangguan. Kondisi tersebut menjadi berbeda ketika area persendian mengalami gangguan. Salah satunya adalah cedera lutut yang menyerang bagian persendian di lutut.

Efek cedera tersebut harus segera diatasi karena sangat mempengaruhi pergerakan lutut. Anda akan kesulitan untuk berdiri, berjalan, bahkan berlari. Kestabilan sendi yang terganggu akibat cedera lutut ini bisa ditangani dengan pemeriksaan secara medis yang akurat.

Setelah pemeriksaan awal, dokter akan melakukan operasi total knee replacement apabila kerusakan persendian yang dialami tergolong parah. Jika tidak demikian, justru fungsi sendi lutut tidak berfungsi lagi dan Anda hanya akan merasakan sakit.

Lutut

  1. Ketegangan yang Berulang pada Lutut

Gangguan stabilitas sendi lutut yang bisa terjadi adalah ketegangan yang berulang. Ketegangan ini bisa berasal dari pergerakan yang tidak semestinya. Dimungkinkan Anda bergerak berlebihan atau ketika tumpuan lutut tidak siap. Dampaknya, persendian menjadi tegang dan kaku. Jika sudah demikian, Anda akan kesulitan dalam bergerak.

Oleh karena itu, segeralah periksakan ke dokter ahli ortopedi guna mendapatkan penanganan medis secara khusus. Dalam tindakan medisnya, ketegangan sendi tersebut akan diatasi. jika terlampau parah, maka operasi penggantian lutut secara total harus segera dilakukan untuk menyembuhkan kerusakan sendi lutut.

  1. Kelebihan Berat Badan

Faktor lain yang menyebabkan stabilitas sendi terganggu adalah obesitas. Sekilas memang tidak memperkirakan bahwa obesitas bisa menyebabkan kerusakan persendian dan mengharuskan operasi penggantian lutut total dengan biaya operasi TKR yang tergolong mahal jika sudah parah kondisinya.

Berat badan yang berlebihan menyebabkan tumpuan semakin berat. Tulang kaki harus menopang lebih kuat, sehingga kondisi persendian juga tertekan. Lama kelamaan area persendian di daerah lutut yang dijadikan tumpuan tersebut bisa mengalami cedera.

Pengaruh kekurangan cairan sinovial dan asupan vitamin E dan K juga bisa mempercepat cedera pada kaki. Dengan demikian, segera periksakan kondisi sendi lutut apabila terasa nyeri. Tambahkan asupan makanan dan minuman yang baik untuk menunjang kesehatan tulang.

  1. Olahraga yang Menyebabkan Tekanan pada Sendi Lutut

Olahraga sangat dianjurkan dilakukan karena baik untuk kebugaran jasmani. Akan tetapi, Anda tetap harus mengukur kekuatan fisik dalam berolahraga. Jangan melakukan olahraga yang berlebihan ataupun yang tidak sesuai dengan kemampuan.

Sebagai contoh, orang yang bertubuh gemuk melakukan angkat beban yang terlampau berat. Hal ini akan menambah beban pada area sendi lutut sebagai tumpuan berat badan. Jika demikian, maka semakin lama keadaan sendi lutut tidak stabil. Efek puncaknya adalah harus ada penggantian lutut total dengan biaya operasi TKR yang tidak sedikit.

Itulah beberapa faktor stabilitas sendi yang bisa menyebabkan kerusakan lutut. Pengembalian fungsi lutut mennjadi normal membutuhkan tindakan dari tim medis profesional. Prosedur resmi yang cermat dan akurat sangat dibutuhkan agar proses operasi total knee replacement bisa berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *