Alternatif Mudah Mencari Pinjaman Yang Tidak Beresiko

Pada saat membutuhkan tambahan modal untuk biaya pengembangan usaha, banyak sekali orang-orang yang datang ke bank. Karena bank sendiri merupakan tempat dimana produk-produk pinjaman yang ditawarkan memiliki berbagai jenis dan pilihan. Produk yang ditawarkan diantaranya mulai dari Kartu Kredit, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) berbasis Pinjaman Online juga tersedia.

Jika sudah memutuskan untuk melakukan pinjaman dari bank maka Anda harus siap untuk membayar cicilan beserta bunga yang dikenakan tiap bulannya. Selain itu jika Anda melakukan penunggakan maka nama Anda akan masuk dalam daftar black list di Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Artinya hal itu dapat menjadikan kerugian bagi Anda karena sudah tidak dipercaya lagi untuk melakukan pinjaman atau kredit di lembaga resmi seperti bank.

Pinjaman Online

Tentu hal tersebut bisa saja terjadi jika Anda tidak sengaja lupa membayar angsuran yang sudah ditetapkan. Namun tidak perlu khawatir untuk repot berurusan dengan bank atau lembaga pinjaman online lainnya, karena saat ini banyak alternatif lain yang bisa Anda gunakan sebagai modal memperoleh dana usaha. Alternatif tersebut diantaranya yaitu :

  • Dana Hibah Dari Perusahaan

Sebagian perusahaan besar biasanya memiliki sebuah dana hibah atau disebut grant yang dipergunakan dalam sebuah program. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satunya yang sedang gencar diberikan untuk pengembangan UKM. Penyaluran dana hibah ini biasanya diperoleh lewat sebuah kompetisi usaha. Jadi bagi Anda yang ingin memperoleh dana ini, maka tingkatkan profil usaha Anda sebaik mungkin agar dilirik oleh pihak perusahaan untuk memberikan modal usaha.

  • Modal Patungan/ Kongsi

Memperoleh modal patungan ini akan menjadi sebuah modal yang cukup besar bagi Anda untuk memulai sebuah usaha. Sistem kongsi ini yaitu pembagian hasil keuntungan kepada pemberi atau pemilik modal. Besar keutungan yang diterima bergantung pada jumlah modal yang diberikan. Kemudahan menggunakan system kongsi ini yaitu Anda tidak akan dikenakan bunga. Jadi sebaiknya carilah kongsi dari orang terdekat Anda.

  • Sistem Bagi Hasil/ Profit Sharing

Sistem ini memiliki sifat sementara, artinya bukan sebuah kepemilikan dan juga terdapat jangka waktu pada kontraknya. Misalnya jika Anda membuka usaha dengan modal menyewa tempat usaha melalui pengajuan profit atau bagi hasil dengan pemilik tempat. Maka selama masa kontrak yang disetujui, keuntungan yang Anda dapatkan dibagi dengan pemilik tempat tersebut.

  • Modal Ventura

Sistem modal ventura ini biasanya digunakan oleh para pengusaha yang baru atau start up. Permodalan ini memiliki kelebihan untuk dijadikan modal usaha karena pemberi modal akan membantu perngelolaan managemen usaha yang Anda jalankan sehingga dapat berjalan dengan baik. Sistem permodalan ini bisa disebut dengan orangtua asuh sebuah bisnis.

  • Mitra Kerjasama

Alternatif ini juga bisa menjadi modal usaha yang tepat bagi Anda. Mengajak teman dekat atau saudara bergabung untuk membuka bisnis bersama akan memudahkan Anda mengelolanya dengan baik. Sistem ini mirip dengan kongsi, namun perbedaannya system ini dilakukan dalam kerjasama tim. Pastikan dari awal untuk memiliki mitra kerjasama tim yang memiliki satu tujuann serta visi dan misi untuk pengembangan bisnis.

Jadi jika Anda ragu untuk melakukan pinjaman di bank, lembaga keuangan, atau pinjaman online diberbagai situs yang tersedia di internet, Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman modal usaha dari berbagai macam sumber di atas tersebut. Agar lebih sempurna, lengkapi pengetahuan managemen bisnis atau business plan yang matang. Jika sudah menguasai hal tersebut, maka Anda bisa menjalankan dan menguasai bisnis yang nantinya mudah untuk mencari moda usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *